Home » » Tutorial Cara Membuat Efek Smudge Painting di Photoshop

Tutorial Cara Membuat Efek Smudge Painting di Photoshop

Written By Heri on Senin, 26 Mei 2014 | 12.47

Tutorial Cara Membuat Efek Smudge Painting di Photoshop – Bagi anda yang sudah lama bergelut dalam dunia desain grafis, khususnya yang sering menggunakan media photoshop, tentu tak asing lagi dengan seni digital yang satu ini, yakni smudge painting. Tapi mungkin sebagian dari anda masih bertanya-tanya, apa sih smudge painting itu? Nah! Smudge Painting adalah salah satu istilah dari sekian banyak digital art, dimana kita melakukan explorasi editing pada sebuah gambar/foto atau objek menggunakan salah satu tool yang ada di photoshop, yaitu Smudge Tool dan hasil akhir dari gambar yang telah kita smudge akan menyerupai sebuah lukisan kanvas.

Di Indonesia sendiri proses smudge painting akrab dengan sebutan “menggosok” karena Smudge Tool layaknya sebuah pengganti kuas yang digunakan dengan cara menggosok tiap bagian foto atau objek hingga nampak seperti sebuah lukisan. Sebenarnya ada banyak teknik-teknik yang digunakan para desainer untuk melakukan proses smudge painting dan tentu dengan hasil akhir yang berbeda-beda. Namun meskipun begitu pada dasarnya sama saja, mungkin yang membedakannya adalah keterampilan masing-masing orang. Ok, dibawah ini saya membagikan tutorial teknik smudge painting pada foto yang pernah saya buat.

Bahan :


Hasil Akhir

tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop


STEP 1

Buka gambar old-Man.jpg dan kita akan mengganti backgroundnya terlebih dahulu, pertama anda harus menyeleksi objek kakek pada gambar old-man.jpg menggunakan Pen Tool (P) atau bisa juga Pylagonal Lasso Tool (L). Jika sudah masuk ke menu Edit > Copy atau tekan Ctrl + C pada keyboard anda.

seleksi gambar old man dan copy - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 2

Buka gambar Oil-Paintig-Backgroud.jpg kemudian masuk ke menu Edit > Paste atau cukup dengan menekan Ctrl + V pada keyboard anda. Jika sudah maka gambar kakek yang telah diseleksi dan di copy tadi akan muncul dengan nama “Layer 1”.

paste gambar old man - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 3

Gunakan Free Transform Tool (Ctrl + T) untuk mengatur posisi dan ukuran gambar kakek (Layer 1) agar sesuai dengan background.

atur posisi dan ukuran gambar menggunakan free transform tool - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 4

Tahap berikutnya kita akan menyesuaikan mulai dari warna, kecerahan, kontras, dan juga lelvel pada gambar kakek dengan background, agar keduanya terlihat menyatu. Ok! Pertama masuk ke menu Image > Adjustment > Selective Color. Jika sudah silahkan anda atur seperti gambar dibawah ini.

image adjustment selective color - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 5

Masuk lagi menu Image > Adjustment > dan pilih Color Balance (Ctrl + B). Selanjutnya silahkan atur seperti gambar dibawah ini.

image adjustment color ballance - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 6

Masih pada menu Image > Adjustment > kali ini pilih Brightnerss/Contrast, dilanjutkan dengan mengatur Brightness = - 30 dan Contast = +20.

image adjustment brightness contrast - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 7

Sekali lagi masuk ke menu Image > Adjustment > dan pilih Level atau cukup dengan menekan Ctrl + L pada keyboard anda, Kemudian atur seperti contoh gambar dibawah ini.

image adjustment level - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 8

Masih pada gambar kakek (Layer 1), kali ini kita akan mempertajam gambar kakek, caranya masuk ke menu Filter > Sharpen > Sharpen. Ingat! Lakukan langkah ini sebanyak 2x.

filter sharpen sharpen - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 9

Masuk ke menu Filter > Artistic > Paint Daubs, kemudian atur Brush Size = 2, Sharpness = 5, dan pada pilihan Brush Type silahkan pilih Simple, dilanjutkan dengan meng-klik tombol OK.

filter artistic paint daubs - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 10

Satukan “Layer 1” dan layer “Background”, caranya adalah dengan meng-klik kedua layer tersebut pada layer palette sambil menekan tombol Shift pada keyboard anda. Kemudian klik kanan dan pilih Marge Layer. Jika sudah maka kedua layer tersebut akan menyatu mejadi satu layer dengan nama “Background”.

marge layer - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

Gandakan layer “Background” dengan cara menekan Ctrl + J pada keyboard anda, maka akan muncul layer baru dengan “Layer 1”

duplicate layer background ctrl j - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 11

Baiklah, Sekarang kita masuk ke tahap inti dari tutorial ini, yaitu melakukan proses Smudge Painting atau yang biasa disebut dengan menggosok. SIlahkan gunakan Smudge Tool (R) anda, kemudian atur Strenght sebesar 65%. Atur juga jenis brushnya, silahkan gunakan brush smudge 01 dari smudge brushes by kanonliv yang sudah anda download.

gunakan smudge tool dan atur jumlah strenght - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 12

OK! Sekarang silahkan anda mulai menggosok gambar kakek dengan Smudge Tool (R) anda. Yang perlu anda ingat adalah saat menggosok, ikuti alur atau garis-garis pada wajah dan juga rambut sesuai dengan bentuknya, begitu pula degan pencahayaannya. Juga jangan lupa untuk mengatur besar dan kecilnya ukuran brush sesuai dengan area yang akan anda gosok. Misalkan, pada bagian mata, hidung, Bibir, silahkan anda gunakan brush dengan ukuran/size kecil. Untuk mengatur ukuran brush secara cepat, tekan tombol [ untuk memperbesar ukuran brush dan tekan tombol ] untuk memperkecil ukuran brush. Pastikan anda juga menggosok pada area background.

sebelum dan sesudah gambar di gosok menggunakan smudge tool - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 13

Setelah anda menggosok seluruh area pada gambar, selanjutnya gandakan “Layer 1” dengan menekan tombol Ctrl + J pada keyboard anda, maka akan muncul layer baru dengan nama “Layer 1 Copy”. Kemudian gunakan Burn Tool (O) untuk menambah kesan gelap seperti pada area lekukan, seperti lekukan baju, dagu, dan juga pada area bayangan. Tapi sebelum menggunakan Burn Tool pada gambar, silahkan atur terlebih dahulu Range-nya menjadi Midtones dan Exposure sebesar 40%.

menggunakan burn tool dan mengatur jumah exposure dan mode range - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 14

Gandakan “Layer 1 Copy” (Ctrl + J), maka akan muncul layer baru dengan naman “Layer 1 Copy 2”. Kemudian masuk ke menu Filter > Sharpen > Smart Sharpen dan atur Amount-nya sebesar 100% dan Radius sebesar 4.1 pixels dilanjutkan dengan menekan tombol OK.

filter sharpen smart sharpen - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 15

Selanjutnya gandakan lagi layer “Layer 1 Copy 2” (Ctrl + J), maka akan muncul layer baru dengan nama "Layer 1 Copy 3". Kemudian silahkan gosok sekali lagi gambar menggunakan Smudge Tool (R), tapi kali ini dengan Strenght yang lebih kecil, yaitu 40%.

gunakan smudge tool dengan strenght 40 persen - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

Jika sudah, maka proses Smudge Painting pun telah selesai dan silahkan anda save gambar anda atau anda juga bisa melakukan variasi lebih lanjut, misalnya pada warna silahkan gunakan menu Hue/Saturation dan silahkan anda atur sesuai dengan kreatifitas anda.

sebelum gambar di smudge painting - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

sesudah gambar di smudge painting - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

Itulah tadi teknik photoshop sederhana dari saya mengenai Tutorial Cara Membuat Efek Smudge Painting di Photoshop , semoga bisa bermanfaat dan seperti biasa setiap kali saya membuat postingan tentang tutorial photoshop, tidak lupa saya juga membuat tutorialnya dalam bentuk video yang kemudian saya upload di youtube selanjutnya saya masukan kedalam postingan dengan harapan jika ada yang tidak dimengerti dari tulisan saya semoga tutorial dalam bentuk videonya bisa membantu. Seperti pada postingan kali ini jika ada yang kurang dipahami dari langkah-langkah diatas, dibawah ini saya sediakan tutorialnya dalam bentuk video yang telah saya buat. OK! Sekian dari saya, terimakasih atas kunjungan anda dan wassalam.


Baca juga tutorial photoshop lainnya di Kumpulan Tutorial Photoshop atau nonton video tutorial photoshop melalui channel saya di http://www.youtube.com/channel/UC2_s8Cxd616rjU-sFQOMAkQ.

Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 12.47

44 comments

Menarik nih mas
izin serap ilmunya :)

Saya itu pengen banget belajar photoshop -;) menarik banget. terima kasih sharingnya

butuh kesabaran kayanya :) kalau sy suka ga sabaran pas nyoba2 photosop hasilnya jadi ga pernah bagus hehe

luar biasa hasilnya ya mas, gambar wajah jadi tampak cerah dan unik :D makasih tutornya ntar mau saya coba |o|

Keren banget Mas efek kerutan wajahnya. Mantep .. mantep ....

wah... keren banget hasilnya bos, hmm....

Cakeeeep.. :D

Aku uda pernah nyoba bikin, tapi lupa lagi stepnya. Wkwkwk.. Izin belajar lagi yaaa ^^

Ok mas Pur silahkan hehe :D

sama-sama mbak Dita :D

Iya benar sekali mbak, ngulik photoshop memang butuh kesabaran hehe :D

sama-sama dan terimakasih kembali mbak Idri, ok mbak silahkan dicoba :D

sip makasih mas Hendrik :D

haha makasih bos comtel :D

Wuiiih keren banget mas, salut saya mas editan photoshopnya keren banget nie...
cocok banget nie buat saya belajar menimba ilmu photoshop disini, terimakasih mas udah berbagi ilmunya :)

keren mas :) namun kayaknya harus belajar dulu buatnya.. |o|

triknya sipp, cobain, smoga hasilnya mendekati :D

aww.... keren banget deh jadi nya gan :-d

hehe terimakasih kembali mas Marnes :D

makasih mbak, saya juga masih belajar kok :D

makasih mas, ok silahkan semoga hasilnya lebih bagus :D

Wah Mantap keren banget nich tutorialnya. Izin praktek sob :)

Nah kebetulan saya ingin belajar yang ini, saya download videonya saja mas :)

saya pengen tanya gimna cara buat backgarund agar terlihat smudge bang, tolong masukkannya

hmm menurut saya dasarnya sama saja dengan menggosok bagian wajah, gosok secara perlahan,teliti dan hati-hati sesuaikan alur dan garis serta arah jatuh bayangan, sesuiakan juga 'strenght" dengan resolusi gambar yang anda akan gosok, atau setelah anda gosok dengan smudge tool, bisa juga anda menambahkan efek dari plugin topaz clean :D

wahh keren mas...kalo bikin digital painting apakah sama caranya?tolong infonya makasi

gan, brush smudge 01 kok ga ada ya
ane pake adobe cc

wah beda sob, digital painting lebih sulit lagi sob, coba cari aja di youtube video tutornya :D

yah di download dulu lah sob, tuh dh saya sediain linknya di awal artikel.

Mas Heri..kalau download tutorialnya boleh tidak dan bagaimana caranya??

wihh... MANTAP!!!! |o|
ijin praktek mas.. Makasih info tutorialnya :D

macam mana mahu download brush ya?

Ini pake photoshop cs berapa ya bro ??? ^_^

maksudnya videonya? klo iya, boleh kok mas, silahkan di unduh dari link youtubenya langsung, untuk caranya mungkin mas Yansen bisa searching di Google.

sama-sama dan terimakasih kembali sob, ok silahkan :D

diawal artikel saya udah sedian link untuk brushnya, tinggal klik dan cari tombol download :D

mantap gan makasih sudah berbagi ilmu, semoga rejikinya di lancarkan amin

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda