Home » » Dasar Photoshop: Mengenal Selelction Tool & Cara Menggunakanya

Dasar Photoshop: Mengenal Selelction Tool & Cara Menggunakanya

Written By Unknown on Saturday, 22 February 2014 | 10:57

Cara Menyeleksi Objek di Photoshop Menggunakan Selection Tool
 
Dasar Photoshop: Mengenal Selection Tool & Cara Menggunakannya - Bagitu banyak kesibukan didunia nyata yang kadang menghambat kita untuk membuat artikel kemudian diposting ke blog, seperti artikel saya hari ini yang tulis sedikit demi sedikit secara bertahap dengan memanfaatkan waktu luang ditengah kesibukan dan Alhamdulillah akahirnya kelar juga. Ok,pada kesempatan kali ini saya tidak membagikan tutorial manipulasi photoshop tetapi saya akan membahas teknik dasar Photoshop yang menurut pribadi saya, wajib untuk dikuasai, yaitu cara menyeleksi objek menggunakan selection tool di photoshop. Setiap melakukan sebuah manipulasi foto di photoshop, kita tidak terlepas dari yang namanya menyeleksi, misalkan untuk menggabungkan dua gambar atau lebih, mengganti background, atau memilih area pada foto yang akan kita edit, dan masih banyak lagi fungsi seleksi ini. Maka dari itu teknik menyeleksi ini adalah hal yang harus kita kuasai terlebih dahulu, yah kalau menurut saya, bisa dikatakan menyeleksi adalah sebuah pondasi utama untuk membuat manipulasi di photoshop. Pada aplikasi photo editor – photoshop terdapat beberapa jenis Selection Tool yang tentunya memiliki fungsi berbeda-beda. Nah, berikut jenis-jenis SelectionTool pada photoshop serta cara penggunaanya.


1. Marque

Ok, mari kita mulai dari Marque Tool, dengan menggunakan Marque Tool kita dapat membuat pola seleksi pada kanvas dalam bentuk persegi (kotak), persegi panjang, bulat, dan juga bentuk oval. Marque terdiri dari empat jenis, yaitu:

Rectangular Marque tool – Berfungsi untuk membuat seleksi dalam bentuk persegi/persegi panjang, cara menggunakannya cukup klik tahan mouse anda pada salah satu sudut gambar yang akan diseleksi. Kemudian seret mouse anda dan jika dirasa sudah pas, silahkan lepaskan mouse anda.

Cara Menggunakan Rectangular Marque Tool di Photoshop

Elliptical Marque Tool – Berfungsi untuk membuat seleksi dalam bentuk oval dan lingkaran, cara penggunaanya juga sama dengan Rectangular marque tool, yaitu klik tahan – seret –lepaskan (drag and drop) menggunakan mouse. Namun, jika anda ingin mendapatkan hasil lingkaran sempurna, tekan dan tahan tombol [SHIFT] pada keyboard anda sambil melakukan drag and drop menggunakan muose.

Cara Menggunakan Eliptical Marque Tool di Photoshop

Single Row Marque Tool – Berfungsi untuk membuat seleksi satu arah atau baris secara horizontal, cara menggunakannya pun masih sama dengan marque tool yang lainnya, klik tahan – seret – lepaskan (drag and drop) menggunakan mouse.

Cara Menggunakan Single Row Marque Tool di Photoshop

Single Coloumn Marque Tool single column maruque tool ini adalah kebalikan dari single row marque tool, yaitu berfungsi membuat seleksi satu arah/baris secara vertikal.

Cara Menggunakan Single Row Cloumn Tool di Photoshop

2. Lasso

Bisa dibilang Lasso Tool Lebih kompleks dibandingkan Marque Tools, karena dengan LassoTool kita dapat membuat pola seleksi dalam bentuk yang sebebas-bebasnya dan tidak terbatas dalam satu bentuk seperti Marque Tool. Lasso Tool terdiri dari tiga jenis, yaitu:

Default Lasso Tool Berfungsi untuk membuat pola seleksi dalam bentuk bebas, caranya klik tahan pada mouse, kemudian seret dengan membentuk pola sesuai keinginan anda, jika sudah silahkan lepaskan mouse anda.

Cara Menggunakan Lasso Tool di Photoshop

Pylagonal Lasso Tool – Sama dengan default lasso tool juga digunakan untuk membuat seleksi dalam bentuk bebas. Namun memiliki perbedaan dalam cara menggunakannya, yaitu anda harus mengklik setiap titik demi titik garis atau sudut secara bertahap pada gambar yang akan anda seleksi. Kemudian untuk menutup, pertemukan pertemukan titik awal dan titik akhir seleksi, maka akan terbentuk sebuah pola seleksi yang telah anda buat.

Cara Menggunakan Pylagonal Lasso Tool di Photoshop

Magnetic Lasso Tool – Juga berfungsi untuk membuat pola seleksi dalam bentuk bebas, sesuai namanya Magnetic, dengan tool ini kita dapa membuat seleksi dengan cara mengklik satu kali pada satu titik sudut atau garis pada gambar yang akan diseleksi, kemudian arahkan mouse anda dan ikuti garis pada gambar yang anda seleksi, maka secara otomatis seleksi akan menempel pada garis gambar. Dan yang yang harus anda lakukan sebaiknya lakukan klik pada garis yang melengkung. Jika terjadi kesalahan, cukup menekan tombol [DELETE] pada keyboard anda.

Cara Menggunakan Magnetic Lasso Tool di Photoshop

3. Quick Selection Tool

Quick Selection Tool digunakan untuk menyeleksi area gambar yang memiliki warna yang senada, cukup klik pada bagian gambar yang ingin akan anda seleksi, maka secara otomatis quick selection tool akan bekerja dan membuat seleksi pada bagian gambar yang memiliki warna yang sama, jika diklik yang berikutnya atau menyeret mouse anda sambil menahan klik kiri, maka area seleksi akan melebar sesuai mengikuti pola warna yang sama juga.

Cara Menggunakan Quick Selection Tool di Photoshop

4. Magic Wand Tool

Magic Wand Tool juga digunakan untuk menyeleksi area gambar yang memiliki warna yang senada, misalnya anda ingin menyeleksi gambar pada area berwarna biru saja, maka cukup klik area gambar yang berwarna biru tersebut, maka otomatis magic wand tool akan membuat garis seleksi pada area gambar yang berwarna biru. Jika ingin membuat seleksi lagi, misalnya pada area gambar berwarna pink, cukup klik area gambar yang berwarna pink maka akan terbentuk garis seleksi lagi pada area warna pink.

Cara Menggunakan Magic Wand Tool di Photoshop

5. Pen Tool

Pen Tool bisa dikatakan sebagai alat seleksi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang yang suka membuat manipulasi di photoshop dan ini juga salah satu tool seleksi favorit saya selain pylagonal lasso tool. Cara menggunakannya sama dengan pylagonal lasso tool, yaitu melakukan klik secara bertahap pada setiap titk sudut atau garis pada gambar yang akan anda seleksi, kemudian pertemukan titik awal dan titik akhir seleksi anda, setelah itu klik kanan pada gambar dan pilih make selection, selanjutanya klik OK. Namun yang membuatnya berbeda dengan pylagonal lasso tool adalah anda bisa mendapatkan hasil seleksi yang lebih halus, terutama pada objek gambar yang meiliki garis melengkung. Nah, kebanyakan orang jika pertama kali menggunakan tool ini akan merasa bingung, karena penggunaanya di kombinasikan dengan tombol keyboard. Memang sulit jika baru pertama kali, tapi jika terbiasa menggunakan tool ini kemungkinan anda juga akan menjadikan pen tool sebagai alat seleksi favorit anda.

Cara Menggunakan Pen Tool di Photoshop

Nah, berhubung saya bingung untuk merangkai dan menyusun kalimat untuk menjelaskan cara penggunaan pen tool secara mendetail, maka saya buat dalam bentuk video saja hehe, silahkan nonton video dibawah , yang telah saya buat tentang dasar photoshop – mengenal selection tool mulai dari marque tool hingga pen tool & cara menggunakannya. Tapi sebelumnya masih ada yang ingin saya jelaskan sedikit yang masih memiliki keterkaitan dengan seleksi objek di photoshop. Silahkan disimak:

Select All, Select Inverse, & Deselect

Select All [Ctrl + A] – berfungsi untuk menyeleksi foto/gambar secara keselurahan, mungkin kita berpikir untuk menyeleksi seluruh gambar yaitu menggunakan rectangular marque tool, tapi dengan menggunakan fungsi select all, kita dapat menyeleksi satu gambar secara cepat dan akurat. Cara menggunakannya cukup masuk ke menu Select > All atau dengan menekan tombol kombinasi [Ctrl + A] pada keyboard anda.

Select Inverse [Ctrl + Shift + i] – Berfungsi untuk membalikkan area seleksi, jika saya membuat perumpamaan, misalkan pada gambar anda mempunyai dua area sebut saja area “A” dan “B’. Kemudian anda memilih untuk menyeleksi area “A”, nah dengan mengaktifkan fungsi Select Inverse atau menekan tombol [CTRL + i], maka area seleksi akan berbalik ke area “B”.

Deselect [Ctrl + D] – berfungsi untuk mebatalkan atau mengakhiri hasil proses seleksi, misalnya jika anda merasa hasil seleksi anda kurang memuaskan dan ingin mengulangi proses seleksi dari awal, maka otomatis anda harus mengakhiri atau membatalkan hasil seleksi yang telah anda buat sebelumnya. dengan mengaktifkan fungsi deselect [Ctrl + D].

Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 10:57

45 comments

Bisa mahir berapa lama ya belajar photoshop...???

Triknya cukup rumit juga ya sob untuk saya bisa jadi seorang ahli photoshop...tapi saya nggak akan terus mencoba deh biar bisa kayak yang punya blog

wah klo itu sih tergantung diri masing kanda :D , saya saja masih belajar :D

hehe bisa aja nih mba Indah, saya juga masih belajar kok mba. Hmm iya sih mba emang rumit, tapi klo udah terbiasa pasti lebih gampang. :D

maksih atas postingannya, membantu banget bagi saya yg gak mengerti ttg photoshop

sama-sama mas Lone, semoga bermanfaat :D dan terimakasih sudah mampir disini :D

lengkap mas, katanya editting foto/gambar bisa menghasilkan gambar yang keren dri photoshop,saya akan pelajari dahulu tutorial ini, mau coba gabungkan editan gambar photoshop dengan tambahan CSS dari saya kali aja dapt hasil yang unik dan elegant, bukan begitu mas,,hehe
BM dulu ya mas..

Ok mbak Devi silahkan, klo udah dapat hasil gabungin PS ma CSS bagi-bagi ilmunya yah :D

saya kalau motong gambar lebih suka pakek pen tool mas
lebih rapi kelihatannya
hehehe

ok kalau begitu nanti belajar photoshop dari tutorial ini, save dulu mas

iya mas Onqi saya juga sukanya pke pen tool, hasil seleksinya lebih halus :D

Butuh ketelatenan untuk select image khususnya untuk lasso dan pen ya mas .. :)

perlu kesabaran dan waktu yang luang
ya mas..kalo mau lebih mendalami ilmu ini :)

coba belajar, nggak bisa2 sob :)

ternyata banyak juga ya mas tools yang bisa digunakan di photoshop ini. Pengen banget nih belajar photosop, tapi nggak punya software nya hehe :D


Kepedulian Kepada Sesama

Sudah Banyak Kita Melihat
Tapi Semua Terasa Sirna
Sudah Banyak Kita Mengerti
Tapi Sedikit Yang Kita Pahami

Kemilau Harta Melimpah Ruah
Justru Hati Kian Gelisah
Hanya Orang Suka Bersedekah
Hidup Jadi Makin Barokah

Harta Hanyalah Titipan
Pada Saatnya Pasti Dikembalikan
Mengapa Tidak Dikeluarkan
Agar Hidup Terselamatkan


<<=0=>>

Bank DKI => Kode : 111
No Rek : 50323030085
a/n : Setiawan Budiarto

selamat malam sobat. Ane sampai sekarang belum bisa photosop ini. Izin nyimak artikel nya yang bermanfaat ini. Izin belajar juga ya sobat

Ok mas Oyo silahkan disave semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung :D

Iya benar mas Isnaeni, apalagi yang Pen Tool itu, pas pertamakali nyoba susahnya minta ampun, sekarangpun saya masih sering salah menggunakan pen tool :D

hehe iya mas Purnomo, memang butuh kesabaran :D

hehe iya mba Rin memang banyak, ini baru selection tool, belum tool2 yang lainnya. Coba cari aja di google, banyak kok :D

Silahkan disimak mas Wisma, semoga bermanfaat :D

dulu tertarik belajar photoshop, saya coba bisanya mentok itu-itu saja, sulit he..he..

di tunggu yang pake gimp bos, hehehe...........

Ilmu basic adalah modal awal untuk menjadi seorang master , khusus nya photoshop ! :) , keren sob .. kalo ane lebih demen pake polygonal laso tool . lebih akurat kalo menurut ane :D . hehe

ya jelas mentok sob, soal nya gak sungguh2 sih .. @@,

yang jelas bermanfaat syekalee sob . :-bd

thanks atas sharenya sob, jadi tambah ilmu sotosop nih

saya kalo nyelect pasti gagal teruh nih mas.. nggak bisa rapi.. padahal gambar nya mau saya gabung..

Kunjungan perdana mas..
salam kenal dan sukses selalu ya..
follow sukses.
follback ya zon-go.blogspot.com

InshaAllah yah mas, soalnya belum download softwarenya :D

hehe sama kang Rian, saya juga baisanya pke pyagonal ato pen tool :D

hehe iya mas Yoni saya juga terkadang gak rapi seleksinya, biasanya saya halusin aja pke blur tool atau tambahin layer mask trus saya brush :D, ok pasti saya follback mas. Terimakasih sudah berkunjung :D

Ni CS berapa gan ?
saya kalo pake CS5 malah susah mau crop
makanya tetep pake yg CS2 biarin deh jadul2

Padahal pengen bisa tapi kayaknya daya tangkap udah berkurang :D

Dulu sering pake photoshop dan saking asyiknya sering lupa waktu. Sekarang sudah gak pernah buka, sekarang malah anak saya yang senang desain2 grafis .. :)

hehe sama dong mas, saya juga kadang lupa waktu klo lagi ngulik photoshop :D

sambil blogwalking pagi hari, newbie numpang belajar photoshop mas gan....

wah infonya mantap mas bisa membantu saya yg baru mengenal photoshop

Tergantung dari keinginan juga tentunya :)
Sangat telaten sekali mas buat artikelnya, hehe. Biasanya yang paling males adalah buat tutorial yang memakai banyak gambar :D

Semakin menarik saja mas tutorialnya :)

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda